IAAS Local Committee Diponegoro University. Powered by Blogger.
The 59th IAAS World Congress: INDONESIA Suasana IOP VIII The 9th Annual Work Meeting IAAS LC UNDIP Family of IAAS LC UNDIP

Saturday 13 December 2014

Tag:

Apa itu IAAS?

IAAS PROFILE


International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS) adalah sebuah organisasi mahasiswa pertanian seluruh dunia yang  didirikan pada tahun 1957 dan bermarkas besar di Leuven–Belgium. Organisasi ini tidak terikat pada   pemerintah negara, badan-badan internasional manapun dan tidak dicampuri masalah politik. Di dalam PBB, IAAS dikenal sebagai NGO (Non Governmental  Organization). Organisasi ini memfasilitasi pertukaran informasi bagi mahasiswa dari berbagai negara. Saat ini IAAS beranggotakan 40 Negara dari benua Afrika, Asia, Eropa, dan Amerika.
Tujuan utama IAAS adalah memfasilitasi minat mahasiswa untuk mendalami disiplin ilmunya, mengasah profesionalisme dan menggalang kerjasama dengan mahasiswa lain. Jika dijabarkan terdapat beberapa tujuan seperti :
1.         Mendorong pertukaran gagasan dalam pendidikan pertanian dan pelaksanaan  sistem pertanian.
2.         Mendorong timbulnya kerjasama dan saling pengertian di antara mahasiswa pertanian sedunia.
3.         Menyiapkan mahasiswa Agrokomplek dan ilmu yang terkait untuk dapat memecahkan masalah pertanian yang dihadapi.
4.         Mendorong perkumpulan mahasiswa pertanian, peternakan, perikanan, kelautan, MIPA, Teknik, Psikologi, Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi, Sosial, Politik, Budaya, Hukum, dan ilmu-ilmu yang terkait didalamnya yang berhubungan dengan pangan dan sejenisnya dalam tingkat mahasiswa nasional untuk mengorganisir kegiatan tingkat nasional dan internasional.
Ide dasar kelahiran IAAS Indonesia adalah atas dasar tujuan peningkatan kualitas mahasiswa Agrokomplek dan ilmu yang terkait di Indonesia dalam upaya pengembangan diri dan pengabdian masyarakat melalui partisipasi pembangunan nasional dan kerjasama antar mahasiswa pertanian internasional. Indonesia bergabung dengan IAAS pada tahun 1991. Partisipasi pertama kalinya adalah di  IAAS 34th  World Congress, Juli 1991 di Thailand. Partisipasi ini berawal dari undangan IAAS kepada Institut Pertanian Bogor.
Tujuan utama IAAS adalah memfasilitasi minat mahasiswa untuk memperluas ilmu pengetahuan dan teknologi dengan profesionalisme yang tinggi serta menggalang persahabatan dan kerjasama dengan mahasiswa lain di berbagai negara. Setiap mahasiswa pertanian dan disiplin ilmu lain yang berhubunggan dengan pertanian seperti teknologi pertanian, kehutanan, Perikanan dan Kelautan, Peternakan dapat menjadi IAAS. Selain itu, IAAS Indonesia juga menerima mahasiswa yang tidak memiliki latar belakang ilmu-ilmu pertanian namun memiliki minat yang kuat untuk berpartisipasi aktif dalam pembangunan pertanian lokal dan nasional.
Sejak awal dibentuknya, IAAS Indonesia telah melaksanakan serangkaian kegiatan baik yang berskala lokal, nasional dan internasional. Beberapa kegiatan lokal dan nasional yang telah dilaksanakan antara lain : Village Concept Project (VCP), IAAS Orientation Program (IOP), Working Camp (WoCa), Building on Success (BOS), English Debate and Speech Contest, Round Table Discussion, Seminar and Workshop, Achievement Motivation Training, Field Trip, Newsletter Issued, Student Exchange Program (Sending and Hosting), dan sebagainya. Sementara itu, kegiatan bertaraf Internasional yang telah dilaksanakan adalah :
1.       The  39th IAAS World Congress dan Seminar Internasional “Tropical Agriculture in the Global Market” pada tahun 1996.
2.       Asia Pacific Regional Meeting II dan Seminar Internasional “Agriculture Policy: An Asia Pacific Perspective; Towards the New Millennium” pada tahun 2000.
3.       The 45th IAAS World Congress dan Seminar Internasional “ Agribusiness; Now and Then” pada tahun 2002.
4.       Asia Pacific Regional Meeting III dan Seminar Internasional “Agriculture in Globalization” pada tahun 2005.
5.       The 53th IAAS World Congress dan Seminar International “The Power of Local Resources to Support Food Security, Food Diversification, and Food Safety,”

Saat ini IAAS Indonesia memiliki 9 Local Committee (LC) aktif, yaitu LC Universitas Brawijaya (Malang), LC Institut Pertanian Bogor (Bogor), LC Universitas Haluoleo (Kendari), LC Universitas Padjajaran (Bandung), LC Universitas Diponegoro (Semarang), dan LC Universitas Negeri Sebelas Maret (Solo), LC Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), LC Universitas Mataram (Lombok) dan pada tahun 2014 ini terbentuk satu LC lagi yaitu IAAS LC Universitas Lambung Mangkurat (Banjarmasin).

About Unknown

IAAS LC UNDIP is The one of the Local Committee who are members of IAAS INDONESIA which is the biggest international student organization in the world's field of agriculture and related sciences who located at Diponegoro University, Semarang, Central Java. We have the village concept project which was in Gemawang Village with our excellent products namely chocolate ginger (Chocoped's) and We have 120 Total Members